Cuci AC Surabaya l Perawatan AC l Membersihkan Filter

Service AC Surabaya , Berbagi info Mengenai Perawatan AC
Cuci lah AC anda Secara rutin 2-4 bulan sekali , Membersikan Filter AC , Menentukan Ukuran pipa AC , Menentukan PK , Mengetahui Kebocoran pada AC




1. AC tidak lagi berfungsi sebagai penyejuk udara, tapi juga sebagai filter udara (dari bau asap rokok, debu, bakteri, virus dsb), filter2 tsb umumnya dalam istilah dagang disebut plasma dsb.
Untuk AC demikian harus diperhatikan cara perawatannya, 1 atau 2 bulan sekali semua filter tsb
harus dilepas dan dibersihkan dengan kuas lembut atau di vacuum cleaner, jangan direndam atau disikat dan dibasahi.

 2. Panjang pipa yang menghubungkan indoor dan outdoor AC jangan lebih dari 4 meter s/d 7 meter (untuk ukuran (1/2PK s/d 2PK).Semakin panjang pipa maka akan semakin besar kemungkinan bocor refrigerant (freon) dan akan berpengaruh pada kerja compressor (dalam jangka panjang bisa low presure dan rusak)
Jika anda mempunyai AC dengan pipa panjang 10-14 meter maka harus dilakukan perawatan extra 1-2 bulan sekali, pipa yang panjang pasti membuat kompresor bekerja lebih keras (butuh penambahan freon skitar 10 psi) supaya kompresor bisa bekerja lebih ringgan .

3. Untuk ukuran kamar di cluster Carissa, cukup 1/2 atau 3/4 PK saja sudah cukup sejuk. Pasanglah outdoor AC ditempat yang tidak kena tetesan air hujan langsung (menghindari hubung singkat listrik
dan proses karatan/korosi). Posisi indoor AC jangan terlalu tinggi (agar muda dijangkau saat dilakukan pembersihan filter maupun pencucian evaporator).
Sesuaikan capacity dengan kebutuhan
Sebelum membeli Air Conditioner Anda harus tahu , berapa luas ruangan yang akan didinginkan oleh AC. Dan rasio untuk mengukur kebutuhan ideal sebuah ruangan adalah sekitar 600 BTU/jam/m2, dengan catatan tinggi ceiling standart (kurang dari 3 meter). Contoh, jika luas ruangan kamar Anda misalnya ukuran 3 X 3 = 9 m2 maka kebutuhan AC-nya adalah sekitar 9 X 600 = 5.400 BTU/h atau 1.58 kW ( 1 kW = 3.412,14 BTU/h) atau setara dengan ½ PK.

4. Filter-filter AC sebaiknya dilepas dan "dibersihkan" dalam 1 atau 2 bulan sekali (silakan lihat di buku petunjuk, bagaimana cara membuka-melepas-memasang filter), sedangkan evaporator "dicuci/disemprot air bertekanan sedang" dalam 3 atau 4 bulan sekali. Bila AC jarang atau tidak rutin dilakukan pencucian,
maka AC akan berkurang dinginnya atau ada air menetes di indoor AC atau terjadi pembekuan di evaporator atau saluran pembuangan atau AC mati-hidup dsb.

                                                      5. Penyebab refrigerant (freon) AC bocor adalah :
- instalasi/pemasangan pipa indoor-outdoor yang kurang
- baik (biasanya bocor pada sambungan).
- kualitas material pipa (biasanya terlalu tipis
- karena harganya murah, sehingga terjadi keretakan
- halus di pipa dan berakibat bocor halus)
- kualitas evaporator/indoor AC (sebanding dengan harga, merk dan type tertentu)
- cara pemakaian dan perawatan (kurang terawat/dibersihkan sehingga penuh karat dan kotor)
- usia AC (barang electronics "tempo doeloe", bisa tahan 10 tahun bahkan 20 tahun, saat ini bisa digunakan 5 tahun saja sudah bagus).

Salah satu ciri-ciri AC Habis freon, atau terjadi kebocoran freon adalah : saat dinyalakan/posisi ON, setelah beberapa menit sampai 1 jam terjadi "pengembunan" (ada bunga es) di pipa outdoor AC (paling ujung, yang ada bautnya, yang menempel/dekat outdoor AC) Lebih jelasnya bisa diukur dengan alat tekanan dan ampere.



0 komentar: